»» Welcome to ARTRIX Blogger™ ««


Well,… melihat angka-angka berikut.. terlihat banget… bahwa konsumen Indonesia lebih menitikberatkan kepada design di segment motor bebek kelas 125cc… dan sekitarnya… !!! Ogh.. yaa pasti ada yang bertanya.. kenapa Jupiter MX disandingkan dengan Supra X-125 cs… ??? Silahkan lihat grafik selanjutnya… terlihat banget harga Supra X-125 dan Jupiter MX… itu head-to-head banget… baik yang versi SW ataupun CW…. !!! :D

Ndak… sependapat ??? Yoo luweeegh… !!! Ada yang menggolongkan Supra X-125 head-to-head nya dengan Jupiter Z… !!! Terserah seng gawe… tetapi kalau gue ditanya… lha wong harganya beda kok… beda hampir Rp. 1 jeti… !!! Lagian… dari 110cc naik menjadi 125cc… kudu ‘dongkrak’ 15cc… !!! Bandingkan 135cc… jika turun ke 125cc… lebih ‘mudun’ 10cc… !!! Lebih dekat khan… segmentasinya… baik dilihat dari sisi harga ataupun cc… !!!
Sekali lagi… segmentasi bisa berubah… !!! Bagaimana jika misalnya Supra X-125 harganya turun banget… menjadi Rp. 12 – 13 jeti… ??? Lha bisa saza masuk ke dalam segment 110cc… !!! Anyway,… jika kita bandingkan rata-rata penjualan per bulan… ternyata Honda Supra X-125 tuh lebih dari 3 kali lipat… lebih laku dibandingkan Jupiter MX… !!! So apa yang salah dengan Jupiter MX… ??? Engine lebih besar cc nya… power lebih gede…  Udah pake liquid cooled… harga sama dengan Supra… lho kok konsumen milih Supra seh… ???
Yaaagh… suka-sukanya konsumen… lha wong konsumen punya duit kok… !!! Apa konsumen ndak tahu… Jupiter MX sudah pake liquid cooled… !!! Bahkan beberapa blogz menyebut… Jupiter MX sebagai raja di kelas 125… dan menganggap sebelah mata Supra X-125… !!! Mungkin bener kalau persoalan kebut-kebutan… mungkin bener kalau persoalan canggih nya… !!! Tapi persoalan laku di pasar… ntaaar dulu… data yang bicara… dan menyimpulkan… persoalan teknis itu bukan nomor 1…. yang nomor 1 tuh… adalah design… bentuk yang maniez… etc… alias non teknikal daaggh… !!!
Dan para pabrikan seolah mengerti akan hal ini… !!! Para ting-tang nya… bergerak dengan cukup cepat… !!! Biasanya jika product itu belum pada posisi aman… pasti digenjot dengan iklan… !!! Silahkan bandingkan iklan Supra X-125 vs Jupiter MX… mana yang lebih banyak ada iklannya… !!! Yang pasti seh… rider kawakan Valentino Rossi… turun tangan… buat ngedongkrak penjualan Jupiter MX… !!! Kok Rossi sampe turun… ??? Yaagh ini persoalannya bukan teknis… ini masalah preferensi… dan turunnya Rossi diharapkan … mindset dan preferensi konsumen akan berubah… !!!
Apa Rossi bakalan berhasil… ??? Gampangan mana bagi Rossi… menaklukkan circuit atau preferensi konsumen… ??? Yaaagh ditunggu aza lap time nya… dan data penjualan… kemudian dibandingkan.. !!! Jeeeebluug… sijine dalam satuan detik.. sijine dalam satuan unit… piyeee bandingin nya duuuu :P


source : segmen motor bebek

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev home
Andhy BlogGerZ. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2010 ARTRIX Blogger™
Lunax Free Premium Blogger™ template by Andi Rahmatullah
Top